PENGCAB SPDKK KOTA MEDAN HP 081361228624

Minggu, 17 Mei 2015

447 Pesilat Ikut Kejurda, Medan Absen


(Analisa/hendra prayatna) SEMANGAT: Para pesilat Sumut Pelatda 200 persen menghadapi Porwil se-Sumatera sekaligus Kualifikasi PON 2016, tampak semangat saat diperkenalkan dan foto bersama dengan staf ahli Bupati Deliserdang, Kabid Olahraga Disporasu, Ketua Harian KONI Sumut dan Wakil Ketua KONI Deliserdang seta Ketua IPSI Sumut serta pengurus lainnya, pada Pembukaan Kejurda Pencaksilat Sumut di GOR Deliserdang di Lubukpakam, Kamis (14/5).
Medan, (Analisa). Sejumlah 447 pendekar putra dan putri dari 24 Pengcab IPSI serta 10 Perguruan Pencaksilat, bersaing untuk menjadi yang terbaik di Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat Sumut 2015.
Kejurda memperebutkan Piala Ketua Umum Pengprov IPSI Sumut Hj Dahliana SH Msi, dimulai Kamis (14/5) setelah dibuka Bupati Deliserdang Ashari Tambunan diwakili Staff Ahli Ezwir Nurdin Pelos SSos di GOR Deliserdang di Lubuk Pakam.
Sayangnya, Kejurda tidak diikuti Pengcab IPSI Medan sebagai salah satu kekuatan silat Sumut.
Acara pembukaanmemiliki nilai lebih, sebab di saat bersamaan Pengprov IPSI Sumut pimpinan Hj Dahliana SH Msi menyerahkan penghargaan kepada 10 guru besar pencak silat yang dinilai berjasa mengembangkan olahraga warisan leluhur ini di Tanah Air, khususnya Sumut.
Ke-10 penerima penghargaan tersebut yakni Nasir Musa (PS Tapak Suci), M Syawal (Guru Besar PS Pusaka Jati Negara), Kel Alm Karmin Suroso BA (Guru Besar PS SPDKK), Kel Alm Jafar Kasim (Guru Besar PS Ikhwan Sofa), Kel Alm Effendi (Guru Besar PS Pelintau), Abdul Jalil Hasibuan (PS Hidayah), Kel Alm M Arsyad (Guru Besar PS Cikalong), Kel Alm Nasib Jaya (Guru Besar PS Cakar Elang), Sulaiman (PS Kosimo), Kel Alm Hasan Maksum (PD Lindo).
Bupati Deliserdang Ashari Tambunan dalam sambutan tertulis dibacakan Ezwir Nurdin Pelos S.Sos menyambut baik pelaksanaan Kejurda Pencak Silat dilaksanakan di Lubuk Pakam. Event ini menurutnya sangat penting untuk pembinaan watak, mental serta penyaluran bakat generasi muda. Apalagi pencak silat adalah cabor andalan Deliserdang. Terbukti, saat Porprovsu 2014, Deliserdang adalah juara umum cabor pencak silat.
Apresiasi
Sementara itu Ketua Harian KONI Sumut John Ismadi Lubis menyampaikan apresiasi kepada IPSI Sumut yang me-nurutnya telah menjalankan roda organisasi dengan baik serta memberi konstribusi prestasi.
Dijelaskan John, IPSI Sumut di bawah kepemimpinan Hj Dahliana prestasinya tergolong baik. Di PON XVIII/2012 di Pekanbaru, Silat memberi kontribusi satu medali emas, di PON remaja 2014 dua medali emas. Pesilat Sumut Zumidar Oktaviani juga menjadi runner-up pada Kejuaraan Dunia 2014.
Karena itu pula, John berharap, Pencak Silat Sumut bisa menjadi juara umum pada Porwil di Bangka Belitung sekaligus Pra Kualifikasi PON 2016. “Sebagai provinsi terbesar di Pulau Sumatera, wajar kalau Pencak Siliat Sumut menjadi juara umum Porwil di Babel nanti,” ujar John Lubis.
Ketua Umum Pengprov IPSI Sumut Hj Dahliana menyebutkan, Kejurda yang berlangsung hingga Minggu (17/5) digelar sesuai program organisasi.
Dari event ini pihaknya berharap dapat menjaring pesilat yang nanti bisa menjadi pelapis para pesilat yang saat ini ada di Pelatda. “Saat ini IPSI Sumut menggodok 52 pesilat yang menjalani Pelatda 200 persen persiapan Porwil Bangka Belitung. Kami berharap nanti dari event ini terjaring atlet yang bisa melapis para atlet di Pelatda,” ujarnya.
Medan Absen
Ketua Panpel Dodi Perkasa SH melaporkan, sampai hari pelaksanaan, Kejurda diikuti 24 Pengcab, minus kota Medan dan 10 P erguruan.
Adapun Pengcab yang ambil bagian yakni, Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Deliserdang, Serdangbedagai, Tebingtinggi, Simalungun, Pematangsiantar, Batubara, Asahan, Tanjubalai, Labuhanbatu, Labura, Labusel, Padangsidempuan, Padanglawas, Paluta, Sibolga, Tapteng, Taput, dan Madina.
Sementara Perguruan yang ikut serta, SPDKK SUmut, PPD, Merpati Putih, Perisai Diri, Pesinas Asad, PSHT, Tapak Suci, Harihilang Sumut, SMI Sumut dan PD Lindo.
Turut Hadir dalam acara pembukaan Kabid Olahraga Disporasu Darwis Siregar, Wakil Ketua KONI Deliserdang Effendi Manullang pimpinan dan pengurus Pengcab IPSI se-Sumut serta perguruan Pencak Silat Sumut.(mp)
sumber: http://m.analisadaily.comwww.m.analisadaily.com/olahraga-nasional/news/silat-sumut-diharapkan-juara-umum-porwil/133483/2015/05/15

0 komentar:

Posting Komentar